Buat Bootable Linux di Linux Dengan Aplikasi UNetbootin

Membuat bootable Linux di Linux bisa dilakukan dengan beragam cara. Bahkan, banyak panduan yang membahas tentang bagaimana cara membuat bootable Linux hanya melalui Terminal. Meski terkesan praktis, saya pribadi lebih menyukai membuat bootable Linux dengan menggunakan aplikasi karena kemungkinan terjadinya kesalahan relatif kecil.

Untuk kamu yang ingin membuat bootable Linux menggunakan aplikasi, setidaknya ada dua aplikasi yang bisa kamu coba, yakni balenaEtcher dan UNetbootin. Namun, karena ukuran unduh balenaEtcher yang cukup besar untuk sebuah aplikasi pembuat bootable, maka dari itu dikesempatan kali ini saya hanya akan membahas aplikasi UNetbootin saja. UNetbootin mampu membuat bootable Linux dari berbagai distro, seperti Arch Linux, Debian, Fedora, Gentoo, openSUSE, Ubuntu, dan masih banyak lagi.

Buat Bootable Linux di Linux Dengan Aplikasi UNetbootin

Berikut adalah tahapan membuat bootable Linux menggunakan UNetbootin :

Sebelumnya pasang flashdisk ke komputer dan instal aplikasi UNetbootin terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia untuk distro Linux : Arch Linux, Debian, Fedora, Gentoo, openSUSE, dan Ubuntu.

Setelah terinstal, buka aplikasi lalu pilih Diskimage.

Buat Bootable Linux di Linux Dengan Aplikasi UNetbootin

Pilih ISO Linux yang ingin dijadikan bootable (langkah 1). Meski terisi otomatis, jangan lupa untuk memastikan kembali bagian Type (langkah 2) dan Drive (langkah 3) mengarah ke flashdisk-mu. Klik OK untuk mulai proses.

Buat Bootable Linux di Linux Dengan Aplikasi UNetbootin

Sekarang kamu hanya perlu menunggu proses pembuatan bootable Linux selesai. Proses pembuatan bootable membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit, tergantung ukuran ISO Linux yang digunakan.

Buat Bootable Linux di Linux Dengan Aplikasi UNetbootin

Demikian pos tentang panduan membuat bootable Linux di Linux dengan aplikasi UNetbootin. Jangan ragu untuk berkomentar jika mengalami kesulitan.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Mengubah Android Menjadi Bootable Linux

Tinggalkan komentar